Template Blogger Premium DISINI

Cara Mudah Mengatur Ukuran Margin (Batas Kertas) di Word

Cara Mengatur Margin di Word untuk Skripsi, Makalah, Buku, dll.
Harap tunggu 0 detik...
Selamat! Link Berhasil Dimuat.
Gulir ke Bawah dan klik Buka Link untuk membuka Link Tujuan

Bagaimana cara mengatur margin di Word? Berikut adalah tutorial Microsoft Word yang akan menguraikan beberapa cara praktis mengatur margin dan elemen lain hanya dalam waktu singkat. Juga ada contoh pengaturan margin di Microsoft Word untuk skripsi.

Memahami pengaturan margin sangat diperlukan agar dokumen di lembar kerja Microsoft Word terlihat lebih rapi dan sesuai dengan keperluan. Namun, sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengatur margin di Word? Langkah-langkahnya ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

Langkah cepat dan mudah mengatur margin di semua Word

Setiap dokumen memiliki standar yang berbeda-beda. Makalah atau skripsi, misalnya, biasanya dibuat di halaman kertas A4 dengan jarak sekitar tiga sentimeter ke garis tepi kertas. Sementara itu, novel, biasanya diterbitkan dengan halaman kertas A5.

Pengaturan margin akan memberikan karakteristik khusus terhadap tulisan Anda di Word. Ia akan sangat memudahkan Anda dalam proses cetak kelak.

Selain itu, mengatur margin akan membuat tulisan di Microsoft Word lebih tertata dan enak untuk dibaca.

Jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengatur margin di Microsoft Word, pekerjaan Anda pun akan terlihat lebih profesional.

Ada dua cara untuk mengatur margin pada Microsoft Word. Pertama adalah cara manual, dan yang kedua adalah cara otomatis. Kita akan membahas cara otomatis terlebih dahulu, karena ia notabene lebih mudah untuk diaplikasikan.

Dan berikut adalah uraian cara-cara mudah tersebut yang bisa Anda lakukan untuk mengatur margin di lembar kerja Microsoft Word.


Cara Mengatur Margin di Word

  1. Klik tab Layout, kemudian klik Margins.
  2. Pilih tipe margin yang Anda inginkan.
  3. Jika pilihan margin yang diinginkan belum tersedia, klik Custom Margins.

Penjelasan lebih detail dari tahapan di atas yang disertai dengan ilustrasi gambar, bisa anda ikuti pada tutorial cara mengatur margin di Microsoft Word secara otomatis di bawah ini.

Pertama-tama, klik menu Layout atau Tata Letak. Setelah itu, Anda akan melihat sub-menu Margins. Klik pada sub-menu tersebut dan pop-up pengaturan halaman akan muncul.

cara mengatur margin di word

Microsoft Word memberikan pilihan margin yang tersedia, yaitu default dalam ukuran normal, mirrored, wide untuk margin yang besar, moderate untuk margin standar, dan narrow untuk margin yang sempit.

Anda bisa memilih margin dari beberapa pilihan yang tersedia tersebut untuk halaman Anda, tetapi jika Anda menginginkan margin dengan ukuran tertentu, Anda bisa melakukan kustomisasi margin atau melakukan pengaturan custom margin sendiri.


Cara Mengatur Custom Margin di Word Sesuai Keinginan

Custom margin berfungsi untuk mengatur margin sesuai keinginan yang belum tersedia di pilihan margin default, letak menunya berada di bawah deretan margin default dari MS Word. Anda hanya perlu melakukan klik pada bar dan pilih menu tersebut dan akan muncul halaman pengaturan margin custom.

cara mengatur kustom margin di word

Ketikkan lebar margin atau jarak margin sesuai dengan yang Anda inginkan di kolom-kolom Top, Bottom, dan sebagainya. Kolom-kolom itu menentukan margin pada bagian mana yang akan diubah, baik margin atas, margin bawah, margin kiri dan kanan.

Satuan ukuran default yang diberikan oleh Microsoft Word adalah sentimeter. Anda bisa mengubah satuan itu dengan mengetikkan satuan lainnya setelah angka, seperti misalnya inci atau milimeter.

Pada halaman pop up tersebut, Anda juga bisa mengatur orientasi halaman. Pilih apakah Anda ingin halaman berbentuk vertikal (portrait) atau horisontal (landscape). Memperhatikan pengaturan orientasi halaman sangat penting untuk menentukan ukuran margin yang tepat.

Berikut ini contoh bagaimana mengatur margin skripsi di Microsoft Word melalui Custom margins. Margin skripsi untuk top left bottom right biasanya 4-4-3-3, yaitu Top 4 cm, Left 4 cm, Bottom 3 cm, Right 3 cm dan ada juga yang Top 4 cm, Left 3 cm, Bottom 3 cm, Right 3 cm (4-3-3-3). Untuk ukuran kertas biasanya A4 dan Orientasi Portrait. Lihat gambar di bawah untuk contoh pengisiannya.

cara mengatur margin skripsi di word


Mengatur Ukuran Lembar Kerja di Word

Pengaturan ukuran lembar kerja adalah elemen yang tidak bisa dilepaskan dalam proses modifikasi margin. Ada berbagai macam ukuran lembar kerja yang disediakan oleh Microsoft Word, seperti ukuran A5, A4, A3, dan juga wide. Semakin kecil angka pada ukuran lembar kerja, maka lembar kerja pun akan semakin besar.

Sebelum mencetak sebuah dokumen word, penting untuk menyesuaikan ukuran kertas di microsoft word dan juga lembar kerja-nya. Pastikan kertas yang digunakan sama ukurannya dengan lembar kerja pada Microsoft Word, agar tidak terjadi kesalahan dalam mencetak seperti misalnya huruf yang hilang pada bagian tepi dokumen.

Selain melalui custom margins, untuk menyesuaikan ukuran kertas pada lembar kerja, bisa juga dengan cara klik menu layout. Setelah itu, pilih Size. Anda akan menemukan pop-up berbagai lembar kerja beserta ukurannya dalam sentimeter atau milimeter.

mengatur ukuran kertas di halaman word


Beberapa Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Mengatur Margin

Mengoperasikan Microsoft Word memang terkadang membutuhkan ketelitian. Sayangnya, banyak orang yang kerap melakukan kesalahan minor dalam pengaturan margin yang pada akhirnya berakibat pada lembar kerja yang berantakan. Hindari kesalahan-kesalahan ini dalam melakukan pengaturan atau settings margin Microsoft Word.


Tidak Memperhatikan Penataan Halaman

Setelah mengubah margin, penataan halaman pun menjadi berubah. Ada paragraf yang terlempar ke halaman selanjutnya atau malah naik ke halaman sebelumnya. Agar penataan halaman tidak menjadi janggal, lihat kembali halaman demi halaman dan atur paragraf sesuai dengan kebutuhan.


Kesalahan dalam Menentukan Halaman

Tanpa sengaja, halaman-halaman kerja pada Microsoft Word terbagi ke dalam beberapa bagian alias section. Jika Anda menemui kasus seperti ini, pengaturan margin biasanya hanya berlaku pada section tertentu saja.

Untuk menghilangkan banyak section di dalam file, Anda bisa mengubah tampilan halaman menjadi draft di dalam menu File. Kemudian, temukan garis-garis yang merupakan pemisah alias section break. Hapus garis-garis section break tersebut dengan cara mengarahkan kursor ke sana, kemudian tekan delete.

Cara mengatur margin di Word sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama, bukan? Dengan memahami pengaturan margin, maka halaman lembar kerja pun akan menjadi lebih rapi dan lebih mudah dicetak. Demikian tips trik Word yang bisa disharingkan kali ini, semoga bermanfaat.

Anda mungkin tertarik artikel ini :

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Cara Mudah Mengatur Ukuran Margin (Batas Kertas) di Word, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.