Template Blogger Premium DISINI

Cara agar Foto dan Video WA Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri

Cara agar Foto dan Video WA Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri Lengkap Keterangan Gambar
Harap tunggu 0 detik...
Selamat! Link Berhasil Dimuat.
Gulir ke Bawah dan klik Buka Link untuk membuka Link Tujuan
Cara agar Foto dan Video WA Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri Lengkap Keterangan Gambar
Cara agar Foto dan Video WA Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri Lengkap Keterangan Gambar

Beberapa pengguna mungkin akan sedikit kesal apabila foto atau video WhatsApp yang mereka terima tersimpan secara otomatis di galeri ponsel mereka.

Pasalnya, foto atau video yang tidak kita kehendaki tersebut dapat memenuhi memori ponsel dengan cepat. Padahal, terkadang foto atau video tersebut tidaklah begitu penting, misalnya foto yang beredar di Grup.

Saat storage atau penyimpanan nyaris penuh, maka performa ponsel juga akan semakin lambat.

Untungnya, WhatsApp menyediakan fitur untuk mencegah foto atau video yang diterima pengguna tersimpan otomatis di galeri ponsel.

Lantas, bagaimana cara mengakfitkan fitur tersebut supaya foto atau video yang ada di WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri dan memenuhi memori ponsel?

Cara agar foto atau video WA tidak tersimpan otomatis

Cara agar foto atau video WA tidak tersimpan otomatis
Cara agar foto atau video WA tidak tersimpan otomatis

Berikut Cara agar foto atau video WA tidak tersimpan secara otomatis di Ponsel kita.

  1. Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp dan pergi ke menu "Settings". Menu ini bisa ditampilkan dengan cara mengeklik ikon "tiga titik vertikal" yang terletak di tampilan utama WhatsApp.
  2. Kemudian, pilih meu "Storage and data" di laman selanjutnya.
  3. Beberapa saat kemudian, pengguna bakal disodori dengan tampilan pengaturan media penyimpanan dan data yang dipakai WhatsApp.
  4. Di sini, perhatikan kolom "Media auto-download" yang memiliki tiga menu yang bisa dipilih pengguna. Kolom ini bisa mengaktifkan fitur download otomatis untuk media atau dokumen yang diterima pengguna di WhatsApp. Adapun ketiga menu tersebut mencakup:
    • "When using mobile data": mengaktifkan atau menonaktifkan fitur download otomatis ketika menggunakan kuota data.
    • "When connected on Wi-Fi": mengaktifkan atau menonaktifkan fitur download otomatis ketika menggunakan Wi-Fi.
    • "When roaming": mengaktifkan atau menonaktifkan fitur download otomatis ketika pengguna mengaktifkan internet via layanan roaming di luar negeri.
    Cara agar foto dan video di WA tidak tersimpan otomatis di galeri.
    Cara agar foto dan video di WA tidak tersimpan otomatis di galeri.
  5. Untuk menghemat kuota data internet dan media penyimpanan, pilih menu "When using mobile data" dan hapus tanda centang yang ada di masing-masing kotak cek (checkbox) yang tersedia. Ada empat jenis konten yang bisa dimatikan fitur download otomatisnya yaitu:
    • "Photos" untuk foto;
    • "Audio" untuk file audio;
    • "Videos" untuk video;
    • "Documents" untuk file dokumen macam Microsoft Word hingga PDF.
  6. Apabila pengguna ingin mematikan fitur download otomatis ketika tersambung internet Wi-Fi atau jaringan roaming, maka mereka bisa menghapus tanda centang dari kotak Photos, Audio, Videos, dan Document.
  7. Jika sudah menghapus seluruh tanda centang dari seluruh menu yang ada di kolom "Media auto-download" tadi, klik tombol "OK".
  8. Selesai, setelah menghapus tanda centang di tiap kotak tadi, maka seluruh media dan foto atau video yang pengguna terima di WhatsApp tidak akan tersimpan otomatis di galeri ponsel pengguna.
    Ilustrasi foto dan video WhatsApp yang tidak tersimpan otomatis di galeri ponsel.
    Ilustrasi foto dan video WhatsApp yang tidak tersimpan otomatis di galeri ponsel.
  9. Alih-alih demikian, foto atau video yang diterima pengguna akan diburamkan dan dibekali dengan ikon "tanda panah ke bawah" yang dilengkapi dengan ukuran foto atau video tersebut, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.
  10. Ikon ini lantas bisa diklik untuk melihat foto atau video yang mereka terima, untuk kemudian disimpan di galeri ponsel secara manual.

Meski fitur download otomatis untuk foto, video, audio, dan dokumen di WhatsApp tadi bisa dimatikan untuk tidak tersimpan di memori ponsel, WhatsApp masih akan tetap mengunduh pesan suara (voice message) yang diterima pengguna secara otomatis.

Mungkin kalian juga mencari

Bagaimana cara agar media di WA tidak tersimpan otomatis di galeri?

Caranya :

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP.
  2. Kemudian pilih Setting atau Pengaturan.
  3. Pada halaman Setting, pilih Storage and Data atau Data dan Penyimpanan.
  4. Setelah itu pada keterangan Media Auto-Download atau Unduh Otomatis Media, pilih menu When Using Mobile Data atau Saat Menggunakan Data Seluler.
Bagaimana caranya agar status WA tidak tersimpan di galeri?

Begini caranya :

  1. Klik menu “Settings”. Kemudian, pilih opsi “Chats”.
  2. Selanjutnya, matikan opsi “Save to Camera Roll”.
  3. Setelah opsi tersebut dimatikan, file media seperti foto yang dikirim di WhatsApp tidak akan tersimpan otomatis di galeri ponsel.
Kenapa story WA masuk ke galeri?

Penyebab pertama adalah kemungkinan adanya fitur baru dalam update WhatsApp. Pembaharuan ini memungkinkan status yang baru diunggah untuk otomatis tersimpan ke galeri. Kemungkinan lain adalah adanya bug dalam aplikasi WhatsApp setelah pembaruan terbaru.

Apa arti visibilitas media di WA?

WhatsApp memiliki fitur Visibilitas Media yang jika dinonaktifkan, akan menyembunyikan file media dari galeri ponsel. Diklaim bahwa "tampaknya" fitur ini mengurangi penyimpanan file. Namun WhatsApp tetap harus menyimpan media di suatu lokasi, jika tidak, bagaimana media tersebut akan ditampilkan dalam obrolan?

Bagaimana cara menghentikan WhatsApp menyimpan foto di galeri?

Di Android, gunakan langkah-langkah berikut: Ketuk menu tiga titik dan buka Setelan > Obrolan. Nonaktifkan Visibilitas media . Ini mencegah WhatsApp menampilkan media yang baru diunduh di galeri Anda.

Apakah status WhatsApp tersimpan di galeri?

Secara default, status WhatsApp milik orang lain tidak akan tersimpan di galeri. WhatsApp juga tidak memberikan fitur untuk menyimpan status WA orang lain secara langsung.

Bagaimana cara menghapus status WA yang telah terbit?

Begini Caranya :

  1. Buka WhatsApp > Status.
  2. Pilih pembaruan status yang ingin dihapus.
  3. Kemudian, tekan Hapus > Hapus.
Apakah status WA tersimpan di memori?

Durasi maksimum untuk status video adalah 30 detik dengan format video 3GP dan MPEG4. Setelah 24 jam, semua status yang sudah dibagikan akan hilang. Namun, jika melihat status milik pengguna lain, status tersebut akan tersimpan dalam memori internal. Hal inilah yang menyebabkan ruang penyimpanan cepat habis.

Kenapa video WA tidak tersimpan di galeri?

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk pengaturan penyimpanan yang penuh, pembatasan akses WhatsApp ke penyimpanan perangkat, atau masalah dengan izin aplikasi. Jika penyimpanan perangkat penuh, pastinya video WhatsApp tidak tersimpan ke dalam gallery-mu.

Anda mungkin tertarik artikel ini :

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Cara agar Foto dan Video WA Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.